LPPM Selenggarakan Acara Launching Buku Karya Dosen IAIN Kediri

Kota Kediri – LPPM IAIN Kediri. Gedung Teater Lantai 4 Perpustakaan IAIN Kediri menjadi saksi kegiatan peluncuran (launching) buku para dosen IAIN Kediri. Tepatnya pada hari Senin, tanggal 20 Mei 2024, dengan jumlah peserta mencapai 337 orang, launching buku ini diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan, mulai dosen, mahasiswa, maupun masyarakat umum. Pembukaan acara launching buku ini dipandu oleh Ibu Nila Zaimatus selaku MC, dan acara ini juga dihadiri oleh para pejabat IAIN Kediri.

Acara Launching Buku tidak lepas dari berbagai sambutan, sambutan pertama diawali oleh Ketua LPPM IAIN Kediri yakni Bapak Taufik Alamin. Beliau menyampaikan, “Syukur alhamdulillah, ini adalah kegiatan yang luarbiasa karena merupakan kegiatan perdana dengan diikuti ratusan peserta dan kondusif, sehingga rasa syukur ini mari kita pertahankan dan kita kembangkan bersama menjadi lebih baik”. Imbuhnya, “Saya juga menyampaikan rasa terimakasih kepada para Bapak atau Ibu penulis buku yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menerbitkan hasil karyanya, semoga hasil karya anda semua senantiasa diberkahi oleh Allah SWT,” pungkasnya.

Setelah sambutan dari Pak Taufik, acara ini kemudian dengan resmi dibuka oleh Bapak Rektor IAIN Kediri yakni Bapak Wahidul Anam. Pembukaan acara tidak lepas dari pesan-pesan baik yang disampaikan oleh Beliau, diantaranya, “Kami sebagai pimpinan mendapatkan amanah untuk selalu memotivasi bapak dan ibu dosen sekaligus seluruh sivitas akademika IAIN Kediri untuk konsisten dalam berkarya. Apalagi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Kediri di tanggal 20 Mei 2024 tercatat 12 buku sudah terbit yang bekerjasama dengan Intrans Publishing Group dan yang sekarang kita peringati ini, sehingga mari untuk yang belum menerbitkan karyanya, segera ada tindak lanjut artinya ya berkarya, supaya ilmunya semakin bermanfaat dan semakin memajukan lembaga ini. Semoga bapak dan ibu dosen selalu diberikan kemudahan untuk merealisasikan karya-karyanya yang bisa dalam berupa buku”, pungkasnya.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan sesi pemutaran video launching buku dan penyerahan merchandise kepada para penulis. Pidato akademik dan do’a menjadi penghangat acara launching buku di tahun ini sebab pembica merupakan sosok tokoh sentral dan panutan khususnya di internal IAIN Kediri yakni¬† Prof. H. Fauzan Saleh, Ph.D. Beliau menyampaikan diantaranya, “Buku merupakan sebuah obat bagi rohani seseorang dan buku menjadi wadah dari berbagai gagasan yang tertanam pada pikiran atau akal seseorang, sehingga bapak dan ibu dosen khususnya untuk selalu berkarya dan mengembangkan potensinya diantaranya yakni menulis buku”. Imbuhnya, “Menulis buku tidak terlepas dari usaha membaca, seperti saya contohnya, kado terindah adalah buku dan buku harus dibaca, yang nantinya bisa menambah wawasan bapak dan ibu dosen atau para peserta untuk bisa berkarya”, tandasnya.

Acara ini ditutup dengan pembacaan doa oleh Prof. H. Fauzan Saleh, Ph.D., kemudian diadakan sesi foto Bersama. Pada kesempatan selanjutnya, beberapa peserta mendatangi dan meminta tanda tangan Prof. H. Fauzan Saleh, Ph.D. sebagai lambang penghargaan dan cintanya kepada keilmuan yang Beliau miliki. Alhamdulillah, kegiatan Launching Buku ini berjalan dengan lancar dan insya Allah akan memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan kampus IAIN Kediri yang kita cintai. (*/fqh/iqb)